DALIL
KEHUJJAHAN HADITS
Tugas
ini disusun untuk memenuhi mata kuliah “Ulumul hadits”
Dosen
Pengampu: Hendra Yulia Rahman,. M.HI
Oleh:
Nama
: Muhammad Fathan Nai’m
Nim : (015211011)
Semester: II (Dua)
JURUSAN SYARI’AH
PROGRAM STUDI AHWAL SYAKHSYIYYAH
SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM NEGERI( STAIN )
AL-FATAH
JAYAPURA
2016
A. Hadits Sebagai Sumber Ajaran Islam
Seluruh umat Islam telah sepakat bahwa hadis merupakan salah satu
sumber ajaran Islam menempati kedudukan setelah Al-Qur’an. Bagi umat Islam
merupakan keharusan untuk mengikuti hadis sama halnya dengan mengikuti
Al-Qur’an baik berupa perintah maupun larangan. Tanpa memahami dan
menguasai hadits, siapapun tidak akan bisa memahami Al-Qur’an. Sebaliknya,
siapapun tidak akan bisa memahami Hadits tanpa memahami Al-Qur’an karena
Al-Qur’an merupakan dasar hukum pertama yang didalamnya berisi garis besar
syariat dan hadits merupakan dasar hukum kedua yang didalamnya berisi
penjabaran dan penjelasan Al-Qur’an. Dengan demikian antara Hadits dan
Al-Qur’an memiliki kaitan yang sangat erat, yang satu sama lain tidak bisa
dipisah-pisahkan atau berjalan sendiri-sendiri.
Ditinjau dari segi kekuatan di dalam penentuan hukum, otoritas
Al-Qur’an lebih tinggi satu tingkat daripada otoritas Hadits, karena Al-Qur’an
mempunyai kualitas qath’iy baik secara global maupun terperinci. Sedangkan
Hadits berkulitas qath’iy secara global dan tidak secara terperinci. Disisi
lain karena Nabi Muhammad SAW, sebagai manusia yang tunduk di bawah perintah dan
hukum-hukum Al-Qur’an, Nabi Muhammad SAW tidak lebih hanya penyampai Al-Qur’an
kepada manusia.
Rasulullah SAW adalah orang yang setiap perkataan dan perbuatannya
menjadi pedoman bagi manusia. Karena itu beliau ma’shum (senantiasa mendapat
petunjuk Allah SWT). Dengan demikian pada hakekatnya Sunnah Rasul adalah
petunjuk yang juga berasal dari Allah. Kalau Al Qur’an merupakan petunjuk yang
berupa kalimat-kalimat jadi, yang isi maupun redaksinya langsung diwahyukan
Allah, maka Sunnah Rasul adalah petunjuk dari Allah yang di ilhamkan kepada
beliau, kemudian beliau menyampaikannya kepada umat dengan cara beliau sendiri.
بِالْبَيّنَاتِ
وَالزّبُرِ وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الذّكْرَ لِتُبَيّنَ لِلنّاسِ مَا نُزّلَ
إِلَيْهِمْ وَلَعَلّهُمْ يَتَفَكّرُونَ
“kami telah menurunan peringatan (Al-Qur’an) kepada engkau
(Muhammad) supaya kamu menerangkan kepada segenap manusia tentang apa-apa yang
diturunkan kepada mereka” (QS. An-Nahl 44).
وَمَا آتَاكُمُ
الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا وَاتَّقُوا....
“Apa-apa yang didatangkan oleh Rasul kepada kamu, hendaklah kamu
ambil dan apa yang dilarang bagimu hendaklah kamu tinggalkan” (QS. Al-Hasyr 7).
Ayat-ayat diatas menjelaskan bahwa sunnah/ hadits merupakan
penjelasan Al-Qur’an. Sunnah itu diperintahkan oleh Allah untuk dijadikan
sumber hukum dalam Islam. Dengan demikian, sunnah adalah menjelaskan Al-Qur’an,
membatasi kemutlakannya dan mentakwilkan kesamarannya. Allah menetapkan bahwa
seorang mukmin itu belum dapat dikategorikan beriman kepada Allah sebelum mereka
mengikuti segala yang diputuskan oleh Rasulullah SAW dan dengan putusannya itu
mereka merasa senang.
B.
Dalil Kehujjahan
Hadits
Yang dimaksud dengan dalil kehujjahan hadis/sunnah adalah keberadaan hadis
sebagai dasar ajaran atau dasar hukum dalam Islam. Sunnah adalah sumber hukum Islam (pedoman hidup kaum Muslimin) yang
kedua setelah Al-Qur’an. Bagi mereka yang telah beriman terhadap Al-Qur’an
sebagai sumber hukum Islam, maka secara otomatis harus percaya bahwa Sunnah
juga merupakan sumber hukum Islam. Bagi mereka yang menolak kebenaran Sunnah
sebagai sumber hukum Islam, bukan saja memperoleh dosa, tetpai juga murtad
hukumnya. Ayat-ayat Al-Qur’an sendiri telah cukup menjadi alasan yang pasti
tentang kebenaran Al-Hadits, ini sebagai sumber hukum Islam. Dalam hal ini ada beberapa dalil/ alasan mengapa hadis dapat dijadikan
dasar ajaran atau dasar hukum Islam sebagaimana disadur dari kitab ‘Ilmu
Ushul al-Fiqh karya ‘Abd al-Wahhab Khallaf, Guru Besar al-Syari’ah
al-Islamiyyah di Fakultas al-Huqquq Universitas al-Kahirah:
1.
Dalil
Al-Qur’an
Banyak ayat Al-Qur’an yang menerangkan tentang kewajiban
mempercayai dan menerima segala yang datng daripada Rasulullah Saw untuk
dijadikan pedoman hidup. Diantaranya adalah :
Firman Allah Swt dalam surah Ali Imran ayat 179 yang berbunyi :
مَا كَانَ
اللَّهُ لِيَذَرَ الْمُؤْمِنِينَ عَلَى مَا أَنْتُمْ عَلَيْهِ حَتَّى يَمِيزَ
الْخَبِيثَ مِنَ الطَّيِّبِ وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُطْلِعَكُمْ عَلَى الْغَيْبِ
وَلَكِنَّ اللَّهَ يَجْتَبِي مِنْ رُسُلِهِ مَنْ يَشَاءُ فَآمِنُوا بِاللَّهِ
وَرُسُلِهِ وَإِنْ تُؤْمِنُوا وَتَتَّقُوا فَلَكُمْ أَجْرٌ عَظِيمٌ
Artinya:
“Allah sekali-kali tidak akan membiarkan orang-orang yang beriman
dalam keadaan kamu sekarang ini, sehingga Dia menyisihkan yang buruk (munafik)
dari yang baik (mu'min). Dan Allah sekali-kali tidak akan memperlihatkan kepada
kamu hal-hal yang ghaib, akan tetapi Allah memilih siapa yang dikehendaki-Nya
di antara rasul-rasul-Nya. Karena itu berimanlah kepada Allah dan
rasul-rasulNya; dan jika kamu beriman dan bertakwa, maka bagimu pahala yang
besar.”(QS:Ali Imran:179)
Dalam Surat An-Nisa ayat 136 Allah Swt berfirman:
يَا أَيُّهَا
الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ
عَلَى رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ وَمَنْ يَكْفُرْ
بِاللَّهِ وَمَلائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ
ضَلالا بَعِيدًا
Artinya :
“Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan
Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab
yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah,
malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian,
maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.”(QS:An-Nisa:136).
Dalam QS. Ali Imran di atas, Allah memisahkan antara orang-orang
mukmin dengan orang-orang yang munafiq, dan akan memperbaiki keadaan
orang-orang mukmin dan memperkuat iman mereka. Oleh karena itulah, orang mukmin
dituntut agar tetap beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Sedangkan pada QS.
An-Nisa, Allah menyeru kaum Muslimin agar mereka tetap beriman kepada Allah,
rasul-Nya (Muhammad SAW), al-Qur’an, dan kitab yang diturunkan sebelumnya.
Kemudian pada akhir ayat, Allah mengancam orang-orang yang mengingkari
seruan-Nya.
Selain Allah SWT memerintahkan kepada umat Islam agar percaya
kepada Rasulullah Saw. Allah juga memerintahkan agar mentaati segala peraturan
dan perundang-undangan yang dibawanya. Tuntutan taat kepada Rasul itu sama
halnya dengan tuntutan taat dan patuh kepada perintah Allah Swt. Banyak ayat
al-Qur’an yang mnyerukan seruan ini.
Perhatikan firman Allah SWT. Dalam surat Ali-Imran ayat 32 dibawah
ini:
قُلْ أَطِيعُوا
اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ الْكَافِرِينَ
Artinya:
“Katakanlah: "Ta'atilah Allah dan Rasul-Nya; jika kamu
berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak
menyukai orang-orang kafir". (QS:Ali Imran : 32).
Dalam surat An-Nisa ayat 59 Allah Swt juga berfirman:
يَا أَيُّهَا
الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الأمْرِ
مِنْكُمْ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ
إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ
وَأَحْسَنُ تَأْوِيلا
Artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, ta'atilah Allah dan ta'atilah Rasul
(Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat
tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur'an) dan Rasul
(sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang
demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.”(QS:An-Nisa : 59).
Juga dalam Surat An-Nur ayat 54 yang berbunyi:
قُلْ أَطِيعُوا
اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنَّمَا عَلَيْهِ مَا
حُمِّلَ وَعَلَيْكُمْ مَا حُمِّلْتُمْ وَإِنْ تُطِيعُوهُ تَهْتَدُوا وَمَا عَلَى
الرَّسُولِ إِلا الْبَلاغُ الْمُبِينُ
Artinya:
“Katakanlah: "Ta'at kepada Allah dan ta'atlah kepada rasul;
dan jika kamu berpaling maka sesungguhnya kewajiban rasul itu adalah apa yang
dibebankan kepadanya, dan kewajiban kamu sekalian adalah semata-mata apa yang
dibebankan kepadamu. Dan jika kamu ta'at kepadanya, niscaya kamu mendapat
petunjuk. Dan tidak lain kewajiban rasul itu melainkan menyampaikan (amanat
Allah) dengan terang".(An-Nur:54).
Masih banyak lagi ayat-ayat yang sejenis menjelaskan tentang
permasalahan ini. Dari beberapa ayat di atas telah jelas bahwa perintah
mentaati Allah selalu dibarengi dengan perintah taat terhadap Rasul-Nya. Begitu
juga sebaliknya dilarang kita durhaka kepada Allah dan juga kepada Rasul-Nya.
Dari sinilah jelas bahwa ungkapan kewajiban taat kepada Rasulullah
Saw dan larangan mendurhakainya, merupakan suatu kesepakatan yang tidak
dipersilihkan umat Islam.
2.
Dalil
Hadits
Dalam salah satu pesan yang disampaikan baginda Rasul berkenaan
dengan kewajiban menjadikan hadits sebagai pedoman hidup disamping Al-Qur’an
sebagai pedoman utamanya, adalah sabdanya:
تركت فيكم أمرين
لن تضلوا أبداما إن تمسكتم بهما كتاب الله وسنة رسوله(رواه الحاكم
Artinya :
“Aku tinggalkan dua pusaka untukmu sekalian, dan kalian tidak akan
tersesat selam-lamanya, selama kalian berpegang teguh kepada keduanya, yaitu
kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya.”(HR. Malik).
Begitu juga yang di riwayatkan dari al-‘irbash ibn sariyah r.a., dari
Rasulallah SAW bahwa beliau bersabda:
عَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَ سُنَّةِ اْلخَلِفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اْلمَهْدِ يِيَّنَ
عَضُّوا عَلَيْهَا بِا لنَّوَا جِذِ
“Tetaplah kalian pada sunnah khulafaur Rasyidin yang telah
mendapat petunjuk. Berpegang teguhlah kepadanya dan gigitlah dengan gigi grahangmu.”
(HR.Abu Daud dan al-Tirmidzi).
Hadits di atas telah jelas menyebutkan bahwa
hadits merupakan pegangan hidup setelah Al-Qur’an dalam menyelesaikan
permasalahan dan segalah hal yang berkaitan dengan kehidupan khususnya dalam
menentukan hukum.
3.
Ijma’ para sahabat
Ijma’ para sahabat yang mengatakan
wajib mengikuti sunnah rasul baik pada masa hidup Rasulullah SAW. maupun
setelah beliau wafat. Pada saat Rasulullah masih hidup, para sahabat selalu
melaksanakan perintah Rasulullah Saw. dan meninggalkan larangan beliau. Para
sahabat tidak membedakan kewajiban mengikuti kentuan yang diwahyukan Allah Swt.
melalui al-Qur’an, maupun ajaran yang disampaikan Rasulullah Saw. melalui hadis
beliau. Mu’az bin Jabal pernah berkata “dalam memutuskan perkara ummat, jika
saya tidak menemukan sumbernya melalui al-Qur’an, maka saya memutuskannya
dengan berpedoman kepada sunnah Rasulullah Saw.” Adapun sepeninggal Rasulullah
Saw. jika mereka tidak menemukan ketentuan ajaran agama melalui al-Qur’an,
mereka masih tetap berpedoman kepada sunnah Rasulullah Saw. Sebagai contoh, Abu
Bakr Ra. ketika tidak menemukan sunnah Rasulullah Saw. terkait suatu perkara,
maka beliau bertanya kepada sahabat yang lain adakah mereka mengetahui adanya
sunnah Rasulullah Saw. yang megatur terkait persoalan yang dimaksud. Begitu
juga yang dilakukan oleh Umar bin Khatab Ra. dan sahabat yang lainnya ketika
akan berfatwa atau melahirkan ketentuan hukum selama riwayat yang disampikan
itu benar dari Rasulullah Saw.
Umat Islam telah sepakat menjadikan hadits menjadi sumber hukum
kedua setelah Al-Qur’an. Kesepakatan umat muslimin dalam mempercayai, menerima,
dan mengamalkan segala ketentuan yang terkandung di dalam hadits telah
dilakukan sejak jaman Rasulullah, sepeninggal beliau, masa khulafaurrosyidin
hingga masa-masa selanjutnya dan tidak ada yang mengingkarinya.
Banyak peristiwa menunjukkan adanya kesepakatan menggunakan Hadits
sebagai sumber hukum Islam, antara lain adalah peristiwa dibawah ini :
a.
Ketika
Abu Bakar dibaiat menjadi khalifah, ia pernah berkata, “saya tidak meninggalkan
sedikitpun sesuatu yang diamalkan oleh Rasulullah, sesungguhnya saya takut
tersesat bila meninggalkan perintahnya.
b.
Saat Umar berada di depan Hajar Aswad ia
berkata, “saya tahu bahwa engkau adalah batu. Seandainya saya tidak melihat
Rasulullah menciummu, saya tidak akan menciummu.”
c.
Pernah
ditanyakan kepad Abdullah bin Umar tentang ketentuan sholat safar dalam
Al-Qur’an. Ibnu Umar menjawab, “Allah SWT telah mengutus Nabi Muhammad SAW
kepada kita dan kita tidak mengetahui sesuatu, maka sesugguhnya kami berbuat
sebagaimana kami melihat Rasulullah berbuat.”
Masih banyak lagi contoh-contoh yang menunjukkan bahwa yang
diperintahkan, dilakukan, dan diserukan oleh Rasulullah SAW, selalu diikuti
oleh umatnya, dan apa yang dilarang selalu ditinggalkan oleh umatnya.
4.
Sesuai
dengan Petunjuk Akal (Ijtihad)
Kerasulan Muhammad SAW, telah diakui dan dibenarkan oleh umat
Islam. Di dalam mengemban misinya itu kadangkala beliau menyampaikan apa yang
datang dari Allah SWT, baik isi maupun formulasinya dan kadangkala atas
inisiatif sendiri dengan bimbingan wahyu dari Tuhan. Namun juga tidak jarang
beliau menawarkan hasil ijtihad semata-mata mengenai suatu masalah yang tidak
dibimbing oleh wahyu. Hasil ijtihad ini tetap berlaku hingga akhirnya ada nash
yang menasakhnya.
Dari uraian di
atas dapat diketahui bahwa hadits merupakan salah satu sumber hukum dan sumber
ajaran Islam yang menduduki urutan kedua setelah Al-Qur’an. Sedangkan bila
dilihat dari segi kehujjahannya, hadits melahirkan hukum dzonni, kecuali hadits
mutawatir.
C.
Fungsi
Hadits sebagai Sumber Ajaran Islam
Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup, sumber hukum dan ajaran
dalam islam, antara satu dengan yang lainya tidak dapat dipisahkan. Keduanya
merupakan satu kesatuan. Al-qur’an sebagai sumber pertama dan utama banyak
memuat ajaran-ajaran yang bersifat umum dan global. Oleh karena itu
kehadiran hadis, sebagai sumber ajaran kedua tampil untuk menjelaskan keumuman
isi al-Qur’an tersebut. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT :
بِالْبَيِّنَاتِ
وَالزُّبُرِ وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الذِّكْرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ مَا نُزِّلَ
إِلَيْهِمْ وَلَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ
Artinya :
“Dan
Kami turunkan kepadamu Al-Quran, agar kamu menerangkan pada umat manusia apa
yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan.”
(QS. An-Nahl : 44)
Dalam hubungan dengan Al-Qur’an, hadis berfungsi sebagai penafsir,
pensyarat dan penjelas dari ayat-ayat Al-Qur’an. Apabila disimpulkan tentang
fungsi hadis dalam hubungan dengan Al-Qur’an adalah sebagai berikut:
a.
Bayan
At-Tafsir
Yang dimaksud dengan bayan At -Tafsir adalah menerangkan ayat- ayat
yang sangat umum, mujmal, dan musytarak. Fungsi hadist dalam hal ini adalah
menerangkan perincian ( tafshil ) dan penafsiran terhadap ayat-ayat Al-Qur’an
yang masih mujmal, memberikan taqyid ayat-ayat yang masih muthlaq, dan
memberikan takhshish ayat-ayat yang masih umum.
Diantara contoh bayan At -Tafsir mujmal adalah seperti hadist yang
menerangkan kemujmalan ayat-ayat tentang perintah Allah SWT untuk mengerjakan
shalat, puasa, zakat, dan haji. Ayat-ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang
beribadah tersebut masih bersifat global atau secara garis besarnya saja.
Contohnya kita diperintahkan shalat, namun Al-Qur’an tidak menjelaskan
bagaimana tata cara shalat, tidak menerangkan rukun-rukunnya dan kapan waktu
pelaksanaannya. Semua ayat tentang kewajiban shalat tersebut dijelaskan oleh
Nabi Muhammad SAW dengan sabdanya :
صَلُّوْا كَمَا
رَاَيْتُمُوْنِي أُصَلِّيْ (رواه البخارى)
“Sholatlah sebagaimana engkau melihat aku shalat.” (HR. Bukhari)
Hadis ini menjelaskan bagaimana mendirikan shalat. Sebab dalam
Al-Qur’an tidak menjelaskan secara rinci. Salah satu ayat yang memerintahkan
shalat adalah :
“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta
orang-orang yang ruku'.” (QS. Al-Baqoroh[2]: 43)
b.
Bayan
At-Taqrir
Bayan At-Taqrir atau sering juga disebut bayan at-ta’kid dan bayan
al- itsbat adalah hadist yang berfungsi untuk memperkokoh dan memperkuat
pernyataan Al-Qur’an. Dalam hal ini, hadis hanya berfungsi untuk memperkokoh
isi kandungan Al-Qur’an. Suatu hadis yang diriwayatkan muslim dari Ibnu
Umar, yang berbunyi sebagai berikut :
فَإِذَا رَأَيْـتُمُ الْهِلاَلَ فَصُوْمُوْا وَإِذَا رَأَيْـتُمُوْهُ
فَأَفْطِرُوْا (رواه مسلم)
“Apabila kalian melihat (ru’yah) bulan, maka berpuasalah, juga
apabila melihat (ru’yah) itu maka berbukalah.” (HR. Muslim)
Hadis ini datang men-taqrir ayat al-Qur’an di bawah ini yang
artinya :
“Maka barang siapa yang mempersaksikan pada waktu itu bulan,
hendaklah ia berpuasa...” (QS. Al-Baqoroh [2]: 185)
c.
Bayan
At-Tasyri’
Yang dimaksud dengan bayan at-tasyri’ adalah mewujudkan sesuatu
hukum atau ajaran-ajaran yang tidak didapati dalam Al-Qur’an. Bayan ini juga
disebut dengan bayan zaid ‘ala Al-Kitab Al-Karim. Hadits merupakan sebagai
ketentuan hukum dalam berbagai persoalan yang tidak ada dalam Al-Qur’an.
Hadits bayan at-tasyri’ ini merupakan hadits yang diamalkan
sebagaimana dengan hadits-hadits lainnya. Ibnu Al-Qayyim pernah berkata bahwa
hadits-hadits Rasulullah Saw itu yang berupa tambahan setelah Al-Qur’an
merupakan ketentuan hukum yang patut ditaati dan tidak boleh kitaa tolak
sebagai umat Islam.
Suatu contoh dari hadits dalam kelompok ini adalah tentang hadits
zakat fitrah yang berbunyi :
إن رسول الله
صلي الله عليه وسلم فرض زكاة الفطرمن رمضا ن علي النا س صاعا من تمرأوصاعا من
شعيرعلي كل حراوعبد ذكر أو أنثي من المسلمين
Artinya:
“Rasulullah Saw telah mewajibkan zakat fitrah kepada umat Islam
pada bulan Ramadhan satu sukat (sha’) kurma atau gandum untuk setiap orang,
baik merdeka atau hamba, laki-laki atau perempuan.”
Hadits yang termasuk bayan Tasyri’ ini wajib diamalkan sebagaimana
dengan hadits-hadits yang lainnya.
d.
Bayan
An-Nasakh
Secara bahasa an-naskh bisa berarti al-ibthal (membatalkan),
al-ijalah (menghilangkan), at-tahwil (memindahkan) atau at-tagyar (mengubah).
Para Ulama’ baik mutaqaddimin maupun muta’akhirin berbeda pendapat
dalam mendefinisikan bayan an-nasakh. Perbedaan ini terjadi karena perbedaan di
antara mereka dalam mendefinisikan kata naskh dari segi kebahasaan.
Menurut Ulama’ mutaqaddimin, yang dimaksud dengan bayan an-nasakh
adalah adanya dalil syara’ yang datang kemudian. Dan pengertian tersebut
menurut ulama’ yang setuju adanya fungsi bayan an nasakh, dapat dipahami bahwa
hadis sebagai ketentuan yang datang berikutnya dapat menghapus
ketentuan-ketentuan atau isi Al-Qur’an yang datang kemudian.
Menurut ulama mutaqoddimin mengartikan bayan an-nasakh ini adalah
dalil syara’ yang dapat menghapuskan ketentuan yang telah ada, karena datangnya
kemudian. Imam Hanafi membatasi fungsi bayan ini hanya terhadap hadits-hadits
muawatir dan masyhur saja. Sedangkan terhadap hadits ahad ia menolaknya.
Salah satu contoh hadits yang biasa diajukan oleh para ulama adalah
hadits :
لا وصية لوارث
Artinya :
“Tidak ada wasiat bagi ahli waris”.
Hadits ini menurut mereka me-nasakh isi Al-Qur’an surat Al-Baqarah
ayat 180 yang artinya :
“Diwajibkan atas kamu, apabila seorang di antara kamu kedatangan
(tanda-tanda) maut, jika ia meninggalkan harta yang banyak, berwasiat untuk
ibu-bapak dan karib kerabatnya secara ma'ruf, (ini adalah) kewajiban atas
orang-orang yang bertakwa.”(QS:Al-Baqarah:180)
DAFTAR PUSTAKA
Mohammad Gufron,Rahmawati. Ulumul Hadits:
Praktis dan Mudah.(Jombang:Teras, 2013).
http://irhasmelayu.blogspot.co.id/2013/10/dalil-kehujjahan-hadis-sunnah_18.html
trimakasih banyak atas ilmunya, sebelumnya saya minta maaf, saya mw bertanya untuk no 2 diatas, ada hadits tentang dalil Kehujjahan sunnah, di sana pada haditsnya ditulis Hadits riwayat Hakim, tp pada arti hadits ditulis Hadits riwayat Malik, yang benar yg mana ya 🙏🙏🙏
BalasHapus